Home » » Pengertian Iklim

Pengertian Iklim

Iklim merupakan unsur alam yang sangat penting. Kita sebagai manusia telah lama mempelajari tentang iklim ini. Bagaimana iklim menjadi sangat penting? ternyata iklim mempengaruhi kehidupan manusia misalnya dalam aktivitas pertanian, peternakan, ekonomi, kesehatan, dan lain sebagainya. Sebenarnya apakah iklim itu? Menurut Glent T. Trewarta seorang ahli geografi Amerika, dia mengemukakan arti iklim sebagai susunan atau keadaan umum kondisi cuaca dari hari ke hari. Maksudnya disini adalah bahwa iklim merupakan kelanjutan dari hasil pencatatan unsur cuaca dari hari ke hari dalam waktu yang lama sehingga merupakan rata-rata dari unsur-unsur itu secara umum. Berapa lama? Untuk menentukan iklim suatu wilayah membutuhkan waktu antara 20 sampai 30 tahun. 

Pengetahuan  tentang iklim dipelajari dalam bidang khusus yang disebut Klimatologi. Iklim tentu saja sangat berbeda dengan cuaca, dimana letak perbedaannya. Didevinisikan bahwa cuaca adalah keadaan udara di suatu tempat yang terjadi pada saat tertentu. Jika iklim mempengaruhi daerah yang sangat luas dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, cuaca hanya mempengaruhi daerah yang sempit dan terjadinya hanya dalam waktu singkat. Ilmu yang khusus mempelajari tentang cuaca disebut Meteorologi. 

Pandangan mengenai pengaruh iklim terhadap kegiatan manusia telah mengalami perubahan cukup besar sejak zaman Elisworth Huntington. Ia adalah seorang ahli geografi Universitas Yale, Amerika yang mengembangkan suatu teori yang terkenal dengan nama Teori Determinisme Lingkungan/Determinisme Fisis. Teori ini menyebutkan bahwa iklim telah mendominasi kebudayaan dalam bentuk pembatasan. Iklim berpengaruh kuat terhadap kekuatan dan produktivitas kegiatan manusia. Menurut pendapatnya juga kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan industri yang dicapai di negara barat adalah karena pengaruh iklim. Namun ada pendapat yang menyatakan bahwa keberhasilan dan kegagalan yang dialami manusia dalam memanfaatkan lahannya disebabkan oleh pengaruh gabungan faktor iklim, tanah, dan bentuk lahan. 

Pada zaman dimana teknologi telah berkembang begitu pesat seperti sekarang ini, manusia sudah mampu mengatasi sebuah kondisi iklim yang sebelumnya tidak dapat diatasi. Contoh kasus pada kelangkaan air yang terjadi pada saat musim kemarau, saat ini dapat diatasi dengan membuat hujan buatan, di daerah gurun sudah dapat dijadikan lahan pertanian produktif dengan cara pembuatan sumur artesis, suhu udara ruangan dapat diatur sesuai dengan keinginan dan masih banyak lagi cara manusia dalam mengatasi kondisi iklim. Jadi saat ini iklim tidak lagi membatasi ruang gerak manusia, tetapi juga memberikan kemungkinan kepada manusia untuk meningkatkan pengetahuannya agar dapat mengatasi hambatan yang berasal dari alam. 

Tidak dapat dipungkiri bahwa meskipun ada faktor lain, iklim tetap mempengaruhi kehidupan, beberapa pengaruh iklim bagi kehidupan manusia antara lain sebagai berikut:
  1. Dibidang pertanian, iklim sangat mempengaruhi dalam menentukan pola tanam dan menentukan jenis tanaman tertentu yang cocok dan dapat tumbuh dengan baik. 
  2. Dibidang budaya, iklim dapat menyebabkan adanya berbagai macam jenis pakaian, bentuk rumah, dan lain sebagainya. Misalnya pada musim dingin orang biasanya akan dan bahkan harus berpakaian tebal untuk beradaptasi dengan cuaca dingin. Didaerah tropis orang akan cenderung berpakaian tipis, dan didaerah gurun orang akan menutup seluruh tubuhnya untuk menghindari teriknya matahari.
  3. Iklim berpengaruh terhadap pola kehidupan manusia.
  4. Iklim dapat mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti yang terjadi pada jaman yang serba modern sekarang. Jadi manusia tidak lagi terlalu bergantung pada alam atau iklim.
  5. Iklim juga berpengaruh dalam bidang perhubungan, penerbangan contohnya suhu, arah dan kecepatan angin, awan, dan kabut sangat mempengaruhi kelancaran jalur penerbangan. iklim mempunyai peranan yang besar tehadap bidang transportasi seperti transportasi laut, arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang, badai dan lain-lain. 

Posted by: Ani
SainsDucation Updated at: 2:11 PM