Home » » Virus

Virus

Virus berasal dari bahasa Yunani yaitu virion yang berarti racun, sebab hampir semua virus adalah penyebab penyakit. Virus adalah organisme subselular yang karena ukurannya sangat kecil, hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Ukurannya lebih kecil daripada bakteri sehingga virus tidak dapat disaring dengan penyaring bakteri. Virus terkecil berdiameter hanya 20 nm (lebih kecil daripada ribosom), sedangkan virus terbesar sekalipun sukar dilihat dengan mikroskop cahaya.

A. Sejarah ditemukannya virus
Virus sebenarnya telah menginfeksi sejak ribuan tahun yang lalu pada zaman sebelum masehi, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa penemuan-penemuan yaitu laporan mengenai infeksi virus dalam hieroglyph di Memphis, ibu kota Mesir kuno (1400SM). Disitu tertera bahwa ada penyakit poliomyelitis. Selain itu, konon Raja Firaun Ramses V meninggal pada tahun 1196 SM karena terserang virus Smallpox. Selain itu sebuah virus endemik yang cukup terkenal yaitu virus Smallpox juga menyerang masyarakat cina pada tahun 1000. 

Virus
Akan tetapi pada pada tahun 1798 , Edward Jenner menemukan bahwa beberapa pemerah susu memiliki kekebalan terhadap virus pox. Hal tersebut diduga karena Virus Pox yang terdapat pada sapi, melindungi manusia dari Pox. Penemuan tersebut yang dipahami kemudian merupakan pelopor penggunaan vaksin.

Itu hanya beberapa sejarah ditemukannya virus, berikut saya sajikan sejarah penemuan virus yang lain. 

Ilmuwan Jerman bernama Adolf Meyer, mengadakan penelitian virus pada tanaman tembakau yang terinfeksi penyakit mozaik. Penelitian tersebut menghasilkan kesimpulan bahwa pada daun yang berpenyakit, ditemukan zat tertentu, sedangkan daun yang sehat tidak. Zat penyebab penyakit tersebut tidak dapat dibiakkan dalam medium agar-agar. Zat tersebut tahan pada suhu 60 derajat C.  Ada juga Dmitri Ivanovski seorang Ilmuwan Russia pada tahun 1892, yang mempelajarai penyakit mozaik pada tembakau. Penyebab penyakit tersebut diberi nama Virus, dan berikuran sangat kecil.  M. Beijerinck Ilmuwan Belanda, tahun 1899 juga meneliti penyakit mozaik pada tanaman tembakau. Virus penyebab mozaik pada tembakau disebut TMV (Tobacco Mozaic Virus). Wendell M. Stanley Ilmuwan Amerika Serikat tahun 1935 dapat mengisolasi dan mengkristalkan virus. Penemuan Stanley tersebut merupakan awal berkembangnya penelitian tentang virus. Saat ini virus dipelejari khusus dalam ilmu Virologi. Satu unit virus yang lengkap disebut virion.

B.      Sifat-sifat Virus
Adapun sifat – sifat khusus virus menurut Lwoff (seorang ahli biologi dari Prancis yang mendapatkan penghargaan nobel untuk Kedokteran atau Fisiologi pada tahun 1965) Home dan Tournier (1966) adalah :
  1. Bahan genetic virus terdiri dari asam ribonukleat (RNA) atau asam deoksiribonukleat (DNA), akan tetapi bukan gabungan dari kedua jenis asam nukleat tersebut.
  2. Struktur virus secara relative sangat sederhana, yaitu dari pembungkus yang mengelilingi atau melindungi asam nukleat.
  3. Virus mengadakan reproduksi hanya dalam sel hidup, yaitu dalam nucleus, sitoplasma atau di dalam keduanya dan tidak mengadakan kegiatan metabolisme jika berada di luar sel hidup.
  4. Virus tidak membelah diri dengan cara pembelahan biner. Partikel virus baru dibentuk dengan suatu proses biosintesis majemuk yang dimulai dengan pemecahan suatu partikel virus infektif menjadi lapisan protein pelindung dan komponen asam nukleat infektif.
  5. Asam nukleat partikel virus yang menginfeksi sel mengambil alih kekuasaan dan pengawasan system enzim hospesnya, sehingga selaras dengan proses sintesis asam nukleat dan protein virus.
  6. Virus yang menginfeksi sel mempergunakan ribosom sel hospes untuk keperluan metabolismenya.
  7. Komponen – komponen virus dibentuk secara terpisah dan baru digabung di dalam sel hospes tidak lama setelah dibebaskan.
  8. Selama proses pembebasan, beberapa partikel virus mendapat selubung luar yang mengandung lipid, protein, dan bahan – bahan lain yang sebagian berasal dari sel hospes.
  9. Partikel virus lengkap disebut Virion dan terdiri dari inti asam nukleat yang dikelilingi lapisan protein yang bersifat antigenic yang disebut kapsid dengan atau tanpa selubung di luar kapsid.
C. Penyakit Manusia Yang Diakibatkan Virus.
Ada contoh paling umum dan paling sering kita temukan dan hampir sebagian besar orang pernah terinveksi penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu pilek. Ada juga cacar, SARS, Gondong, Campak, Campak Jerman, Ebola, Hepatitis, Demam Kuning dan lain-lain. Potensi virus untuk menyebabkan wabah pada manusia menimbulkan kekhawatiran, ada salah satu virus yang dianggap paling berbahaya adalah filovirus. Grup Filovirus terdiri atas Marburg, pertama kali ditemukan tahun 1967 di Marburg, Jerman, dan ebola. Filovirus adalah virus berbentuk panjang seperti cacing, yang dalam jumlah besar tampak seperti sepiring mi. Pada April 2005, virus Marburg menarik perhatian pers dengan terjadinya penyebaran di Angola. Sejak Oktober 2004 hingga 2005, kejadian ini menjadi epidemi terburuk di dalam kehidupan manusia.
Posted by: Ani
SainsDucation Updated at: 9:55 PM

0 komentar:

Post a Comment